Sukses

Sehatkah Wanita Hamil yang Tak Alami Lonjakan Berat Badan?

ada banyak wanita hamil masa kini yang tak banyak mengalami penambahan berat badan. Apakah ini sehat?

Liputan6.com, Jakarta Bila diperhatikan, ada banyak wanita hamil masa kini yang tak banyak mengalami penambahan berat badan. Dalam hal ini, tubuh mereka tetap terlihat ramping dan perutnya saja yang membesar seiring dengan kehamilannya. Lantas, apakah hamil yang seperti ini tergolong sehat?

Menurut pakar gizi, Dr. Diana F. Suganda, hal seperti ini tidak masalah selama berat badan janin sesuai selama kehamilan.

"Penambahan berat badan bisa berbeda-beda pada setiap ibu hamil, tergantung kondisi sebelum hamil dan gizinya. Namun yang penting diperhatikan saat konsultasi ke dokter kandungan adalah apakah berat janin sudah cukup sesuai usia kandungan," katanya di sela-sela acara temu media di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Diana mengatakan, kondisi ini mirip dengan seorang ibu hamil yang pernah dia temui. Ibu ini hanya mengalami kenaikan berat badan 6kg selama kehamilan. Namun, berat badan bayi tetap sehat saat lahir.

"Ibu hamil masa kini biasanya lebih memperhatikan gizi. Jadi aliran nutrisinya semua ke bayi. Mereka juga biasanya rajin olahraga sehingga massa ototnya tetap bagus, jadi bayi yang lahir sehat," ujarnya.

Kendati demikian, kata dia, ada penambahan berat badan ideal selama kehamilan. Misalnya wanita yang memiliki berat tubuh ideal, dia bisa mengalami kenaikan berat badan 8-12kg selama kehamilan.

"Sedangkan bagi wanita yang mengalami obesitas sebelum hamil, dia hanya boleh mengalami kenaikan berat badan antara 6-8kg. Kalau underweight, disarankan berat badan saat hamil 15-18kg," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini