Sukses

Konsumsi Ini Dulu Sebelum Program Hamil

Makanan tinggi asam folat harus dikonsumsi calon ibu jauh sebelum program hamil

Liputan6.com, Jakarta Makanan bergizi tinggi bukan hanya baik dikonsumsi selama hamil dan menyusui. Bahkan tiga bulan sebelum program hamil, sebaiknya wanita mengonsumsi makanan tinggi asam folat.

Begitu disampaikan pakar gizi, Dr. Diana F. Suganda di sela-sela temu media di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (23/5/2017).

"Tiga bulan sebelum program hamil, saya selalu sarankan untuk mengonsumsi makanan atau suplemen asam folat untuk mencegah defek (kelainan) sumsum tulang belakang pada bayi," katanya.

Menurut dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah Bintaro Jaya ini, makanan tinggi asam folat banyak terdapat pada sayuran hijau serta kacang-kacangan.

Diana menambahkan, memperhatikan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan (270 hari selama kehamilan dan 730 hari setelah lahir atau hingga anak berusia dua tahun) sangat penting untuk mencegah risiko penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes dan stroke saat dewasa.

"Anak yang memiliki gizi baik selama kehamilan memiliki kecerdasan, kemampuan kompetitif di antara teman-temannya lebih baik. Dan dia lebih produktif bagi masyarakat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.