Sukses

Paparan Timbal Bikin IQ Anak Jongkok

Liputan6.com, Jakarta Selain menyebabkan masalah kesehatan, seseorang yang terpapar timbal tingkat tinggi sejak kecil bisa menurunkan kecerdasan intelektual atau IQ (intelligence quotient) saat dewasa.

Fakta ini diketahui setelah meneliti 565 orang di Selandia Baru yang di dalam darah ada timbal sejak usia 11 tahun. Lalu, pada saat usia partisipan 38 tahun, kembali dilakukan pengecekan darah.

Hasilnya, orang yang saat anak-anak memiliki kadar timbal tinggi terjadi penurunan IQ saat dewasa. Bila saat usia 11 tahun kadar timbal dalam darahnya 5 μg/dL, saat dewasa terjadi penurunan skor IQ 1,6 poin.

Sementara bila kadar timbal dalam darah saat masih kecil di atas 10 μg/dL, penurunan IQ sekitar 2,7 poin mengutip Time, Rabu (29/3/2017).

Selain menurunkan IQ saat dewasa, paparan timbal juga membahayakan kesehatan. Seperti gangguan saraf, fungsi hati hingga sistem reproduksi.

"Anak-anak akan terus mengalami kerugian besar dari terpapar timbal. Anak-anak yang kurang beruntung itu akan menanggung beban," kata peneliti lain dari Boston Children's Hospital, Boston Children's Hospital, Amerika Serikat.

Bellinger merekomendasikan beberapa langkah untuk mengurangi dari paparan timbal. Penggunaan bahan tanpa timbal di rumah, skrining pada anak yang berpotensi terpapar timbal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini