Sukses

7 Trik Sehat Makan Buah dengan Tepat

Liputan6.com, Jakarta Kaya akan nutrisi dan serat, buah-buahan memiliki kemampuan melindungi kita dari berbagai macam masalah kesehatan. Namun, cara memasukkan buah-buahan segar tersebut kedalam pola makan harian seringkali salah dimengerti.

Tidak ada cara baik atau benar untuk mengonsumsi buah-buahan namun mengkonsumsinya secara efektif dapat memberikan berbagai macam manfaat kesehatan.

Dilansir dari laman Times of India, Senin (13/3/2017), berikut cara memakan buah agar lebih efektif:

1. Waktu terbaik untuk mengkonsumsi buah

Hal pertama yang harus Anda lakukan di pagi hari adalah dengan mengonsumsi buah sebelum yang lainnya. Ketika perut sedang kosong, hal tersebut akan membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisi.

Tubuh kita akan dengan mudah mencerna buah tersebut ketika memakannya dalam keadaan perut kosong dan dengan begitu mempermudah perut untuk memprosesnya.

Kapan waktu terbaik?

2. Aturan

Ada beberapa aturan dalam memakan buah pada wakut perut masih kosong di pagi hari. Mereka yang memiliki penyakit maag disarankan untuk tidak mengikuti cara ini. Juga, mereka yang sedang dalam masa lemah fungsi perut seperti anak batita dan para lansia untuk tidak mengkonsumsi buah dalam keadaan perut kosong.

Hal ini dikarenakan sebagian buah, seperti buah jeruk, nanas, cranberry, buah anggur dan sejenisnya, mengandung asam asetat. Ini akan menyebabkan terjadinya peningkatan asam lambung dan bisa memperburuk kondisi mereka.

3. Bolehkah memakan buah di antara waktu makan?

Tentu saja! Buah-buahan merupakan camilan yang sangat baik untuk dikonsumsi di antara waktu makan. Hal ini akan meningkatkan metabolisme dan bisa menjaga kada gula darah. Ketika Anda mengkonsumsi camilan sehat di antara waktu makan, tubuh tidak akan menyimpan lemak ataupun merasa lapar.

4. Waktu yang tidak tepat untuk mengkonsumsi buah

Sangat tidak direkomendasikan untuk memakan buah tepat sesudah Anda menghabiskan makanan Anda. Adalah kepercayaan yang keliru bahwa mengkonsumsi buah setelah makan bisa membantu menccerna makanan dan melunturkan klori.

Ini tidak benar. Buah mengandung pemanis alami dan juga kalori. Jadi, daripada melunturkan kalori, mereka hanya menambahkan jumlahnya.

Buah mana yang paling bagus?

5. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah buah ini

Mereka yang memiliki kadar gula darah yang tinggi tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi buah yang mengandung pemanis alami dalam kadar yang tinggi seperti delima, mangga, anggur, ara, lychee, dan semangka.

6. Buah terbaik untuk mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi

Konsumsilah buah papaya, markisa, nanas, plum, raspberry, pir, strawberry, persik dan apel.

7. Makan buah sebelum Anda pergi tidur

Pilihlah buah yang tepat jika Anda merasa lapar dan ingin nyemil sebelum tidur. Pilihan buah terbaik sebelum Anda pergi tidur adalah apel, pisang, kiwi, dan ceri. Buah-buahan tersebut mengandung serotonin, melatonin, dan tryptophan alami yang menenangkan kita dan membantu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Hindari buah seperti mangga dan anggur karena bua-buahan ini dapat membuat otak tetap aktif dan akan mengganggu tidur Anda.

Artikel Selanjutnya
Adakah Cara Cepat Dapatkan Perut Rata?
Artikel Selanjutnya
Bagaimana Cara Lakukan Mandi Susu dan Apa Manfaatnya?