Sukses

20 Persen Anak yang Alergi Susu Sapi Juga Alergi Susu Kedelai

Liputan6.com, Jakarta Setelah si Kecil didiagnosis alergi susu sapi, hal lumrah yang sering orangtua lakukan adalah memberikan anaknya susu kedelai, susu beras, maupun susu nabati lain. Namun, tindakan itu bukan cara satu-satunya untuk mengatasi alergi susu pada anak. Sebab, ada anak yang alergi susu sapi, ternyata juga alergi susu kedelai juga.

"Perlu diketahui bahwa 20 persen anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi susu kedelai. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi adalah, menghindari alergen penyebab," kata dr Astrid Wulan Kusumoastuti dari situs Klik Dokter dikutip Health Liputan6.com pada Sabtu (25/2/2017)

Menurut dia, gantilah susu untuk anak dengan susu yang lebih hipoalergenik.

Akan tetapi, ketika tahu anak alergi susu sapi, sebaiknya anak hanya dibolehkan minum susu soya, susu formula jenis hipoalergenik, dan bahan makanan lain yang bebas susu sapi dan produk turunannya seperti keju dan yogurt.

Astrid melanjutkan, meski alergi yang ditimbulkan akibat masuknya protein susu sapi ke dalam tubuh bersifat menetap sampai akhir masa anak-anak, ketakutan ini akan hilang seiring dengan matangnya saluran pencernaan anak.