Sukses

Jantung dan Pencernaan Terancam Jika Anda Keseringan Mandi

Tahukah Anda terlalu sering mandi juga dapat membahayakan kesehatan tubuh?

Liputan6.com, Jakarta Tidak mandi lebih dari satu hari tentu akan meninggalkan bau tak sedap di tubuh Anda. Namun, tahukah Anda terlalu sering mandi juga dapat membahayakan kesehatan tubuh?

Peneliti dari Genetic Science Centre at the University of Utah, menemukan, terlalu sering mandi dapat merusak microbiome manusia. Seperti bakteri, virus, dan mikroba lain yang hidup dalam tubuh akan mengalami kerusakan ekosistem mikroba dan menyebabkan beragam penyakit.

Pada akhirnya, sistem kekebalan tubuh menjadi terancam yang membahayakan pencernaan bahkan jantung.

Penelitian menyimpulkan bahwa keanekaragaman sampo dan sabun juga secara signifikan mempengaruhi microbiome manusia. Termasuk cara Anda menggosok tubuh saat mandi juga sangat perlu diperhatikan untuk menghindari kerusakan ekosistem mikroba pada tubuh.

Individu juga dianjurkan untuk menggunakan wewangian agar tubuh usai mandi, sebab ada zat di dalam parfum Anda yang dapat menstabilkan ekosistem mikroba sekaligus mencegah bau badan dikutip dari laman India Times, Kamis (2/2/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.