Sukses

Bingung Pilih Nama Anak? Ini 6 Langkah Mudahnya

Ada banyak nama-nama bagus, ada banyak pilihan juga, tapi saat menentukan mana nama anak itu hal yang sulit.

Liputan6.com, Jakarta Memilih nama bayi yang akan lahir itu merupakan pekerjaan yang tidak mudah bagi sebagian besar orangtua. Ada banyak nama-nama bagus, ada banyak pilihan juga, tapi saat menentukan mana nama bayi itu hal yang sulit.

Agar tidak pusing memilih nama bayi berikut enam langkah mudahnya seperti mengutip laman Redbook, Rabu (4/1/2017).

1. Cari tahu adakah aturan yang perlu diikuti
Di beberapa tradisi tertentu ada aturan yang perlu diikuti dalam memberikan nama bayi. Misalnya sesuai nama marga, keluarga, atau nama orang suci. Aturan ini tentu akan mempermudah dalam memilih nama anak.

2. Prediksi siapa yang tidak setuju dengan nama tersebut
"Pada kenyataannya memilih nama anak tidak mudah, bisa jadi pihak yang tidak setuju dengan hal tersebut," kata pendiri konsultan nama bayi My Name for Life , Sherri Suzanne.

Jika ada yang tidak setuju, ketahui aspek apa yang yang membuat tidak setuju. Jika terkait dengan kesukaannya, bisa mencari nama lain yang memiliki makna sama. Jika terkait masalah emosional dengan nama tersebut ada baiknya untuk meletakkan di bagian tengah.

3. Lihat daftar buku nama
Sejak hamil, mungkin Anda telah membeli daftar buku nama dan sudah dilihat. Namuin kini, Anda perlu mencatat nama yang menarik hati. Buat daftarnya lalu pilih beberapa nama. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak perlu pedulikan populer atau tidak

4. Tak usah pedulikan bila nama itu terlalu populer atau unik
Bila Anda sudah memilih nama itu tentu sudah , lalu muncul pikiran 'ini bagus tapi sudah banyak yang pakai' atau 'ini terlalu aneh enggak ya?'.

"Tidak perlu malu menyukai nama yang sudah populer. Pada saat yang sama, juga tidak perlu takut dalam memilih nama anak yang jarang terdengar," kata Suzanne.

5. Setelah memilih, ucapkan berulang-ulang
Setelah memilih nama yang tepat untuk anak, coba ulang membaca nama tersebut. Lalu tanyakan pada diri sendiri 'Apakah aku suka mendengar nama tersebut?' seperti disarankan Suzanne.

Bila perlu tuliskan nama tersebut, lalu minta orang lain membacakannya. Saat Anda mendengar nama itu disebut Anda akan tahu makin yakin atau tidak.

6. Terima bahwa tidak semua orang menyukainya
"Nama itu seperti karya seni. Kita tidak bisa mengharpakan semua orang menyukai film, lukisan, atau musik yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini