Sukses

Selain Vitamin A, 4 Nutrisi Ini Baik Juga untuk Mata Anda

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan mata tak harus dengan vitamin A. Wortel atau tomat sudah lama dipercaya dapat meningkatkan penglihatan Anda.

Namun, Vitamin A yang ada pada wortel bukanlah nutrisi terpenting dan dibutuhkan untuk menjaga mata dari penyakit degeneratif seperti glaukoma, katarak, atau yang berkaitan dengan usia degenerasi makula (AMD).

Untuk menjaga kesehatan mata, Anda perlu memperbanyak asupan nutrisi yang dapat meningkatkan penglihatan. Dan berikut ini adalah makanan padat nutrisi untuk mata Anda selain vitamin A, seperti dikutip Prevention pada Minggu (11/12/2016)

1. Lutein dan Zeaxanthin

Keduanya adalah karotenoid yang telah terbukti memiliki sifat antioksidan. Stres oksidatif telah dikaitkan dengan kerusakan saraf optik yang memberikan kontribusi untuk memicu glaukoma dan masalah penglihatan lainnya.

Menurut Glaukoma Research Foundation, kedua nutrisi tersebut dapat ditemukan pada sayuran hijau gelap, yang juga tinggi nitrat, nutisi lain yang pada beberapa penelitian mengatakan dapat mencegah stres oksidatif.

Brokoli, kubis Brussel, collard hijau, jagung, telur, kangkung, nektarin, pepaya, daun selada romaine, squash adalah makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin.

2. Asam lemak omega-3

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 tak hanya baik untuk kesehatan jantung, tapi juga penting untuk mata Anda.

DHA dan EPA adalah kandungan yang terpenting untuk mata dan terdapat dalam omega-3. DHA sangat terkonsentrasi pada retina, lapisan belakang bola mata yang sensitif terhadap cahaya.

Sementara EPA yang digunakan dalam tubuh untuk memproduksi DHA. Omega-3 juga mengandung anti peradangan yang alami dan dapat melembapkan mata Anda yang kering.

Flaxseed, minyak biji rami, ikan halibut, salmon, sarden, tuna, kenari, adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3.

3. Vitamin C

Penelitian menunjukkan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C setiap hari dapat menurunkan risiko terkena penyakit katarak. Hampir setiap sel dalam tubuh Anda tergantung pada vitamin C karena ia memiliki antioksidan yang kuat dan dapat melindungi sel dari kerusakan.

Buah anggur, jeruk, kiwi dan stroberi adalah jenis buah yang kaya kandungan vitamin C.

4. Vitamin E

Kini, sudah saatnya Anda mulai memperhatikan asupan vitamin E setiap hari. Seperti vitamin C dan A, vitamin E merupakan antioksidan yang kuat dan hampir 70 persen orang di usia 30 tahun tidak mendapatkan asupan yang cukup.

Padahal, penelitian menunjukkan, vitamin E dapat mencegah katarak dengan memerangi radikal bebas yang dapat memecah jaringan sehat. Makanan yang mengandung vitamin E tinggi seperti kacang panjang, buncis, tiram, daging merah dan yogurt baik untuk kesehatan mata Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini