Sukses

8 Penyebab Mata Gatal

Gatal di bagian mata tentu membuat Anda sangat tidak nyaman dalam melakukan beragam aktivitas.

Liputan6.com, Jakarta Gatal di bagian mata tentu membuat Anda sangat tidak nyaman dalam melakukan beragam aktivitas. Saat gatal, spontan Anda pasti akan menggaruk mata dengan menggosoknya atau mengucek secara kasar.

Perlu diingat, bahwa menggosok-gosok mata saat gatal bisa menambah iritasi, menyebarkan kuman dan menyebabkan infeksi. Sehingga jika berlebihan dan sering bisa merusak bola mata.

Direktur Klinis LensCrafters, Mark Jacquot mengatakan, dalam kebanyakan kasus, menggaruk akan memperburuk peradangan dan tidak akan menyelesaikan masalah, atau bahkan bisa membuatnya lebih buruk.

"Ketika mata gatal karena alergi lingkungan, misalnya, maka menggosok dan menggaruk dapat benar-benar melepaskan lebih banyak histamin dan membuat gatal lebih buruk," kata Mark.

Langkah terbaik untuk menyembuhkan mata yang gatal adalah, pertama Anda harus mengetahui apa penyababnya sehingga Anda bisa mengobati langsung ke sumbernya.

Seperti dilansir Fox News, Rabu (16/11/2016), berikut ini adalah beberapa penyebab paling umum gatal pada mata.

1. Makanan, hewan atau alergi lingkungan

Mata gatal biasanya merupakan gejala khas dari alergi mata. Alergi konjungtivitis pada dasarnya adalah reaksi alergi mini.

Untuk beberapa alergi bisa di karenakan makanan, lingkungan, atau musim alergi mata. Orang juga bisa mendapatkan gatal mata dari hanya terkena bulu hewan. Saat menyentuh hal-hal yang merupakan alergen, kemudian menyentuh mata, inilah yang dapat sebabkan mata gatal.

2. Mata merah

Jika mata gatal dan berwarna merah muda atau merah, air keluar dari mata atau salah satu gejala mata merah klasik lain, kunjungi dokter mata. Anda mungkin perlu konsumsi antibiotik, tetapi semua tergantung pada apa yang menyebabkan mata merah.

Sebaiknya, hindari menyentuh mata Anda karena dapat menular ke mata yang lain atau orang lain.

3. Produk yang bisa mengiritasi

Beberapa bahan kimia atau bahan dalam produk perawatan pribadi dapat menyebabkan kontak dermatitis, ruam dan gatal pada kulit. Ini adalah reaksi alergi yang tertunda terhadap alergen dan umumnya dapat menyebabkan kulit memerah di sekitar kelopak mata.

4. Mata kering

Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang tidak memiliki cukup kualitas air mata untuk melumasi dan menyehatkan mata. Mata kering masalah yang paling sering terjadi dan sering kronis, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Mata kering perlu diobati karena mata kering kronis menyebabkan rasa panas terbakar, gatal atau menyengat mata, kabur dan mata yang berair.

Obat tetes mata dapat menghindari kemerahan yang terjadi serta membantu mata tetap basah juga meringankan gatal.

5. Peradangan kelopak mata

Penyebab paling umum radang pada kelopak mata adalah bakteri staph. Penyakit yang dalam istilah medis dikenal Blepharitis tersebut menyebabkan bola mata gatal, merah, berair, bengkak, atau kering. Seringkali, sisik seperti ketombe terbentuk di kelopak mata dan memenuhi area bulu mata.

6. Mata tegang akibat gadget

Terlalu sering menggunakan gadget dapat membuat mata tegang. Ini menyebabkan stres pada mata dan membuat mata terasa gatal. Mata yang tegang juga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, susah fokus dan berdampak pada penglihatan jangka panjang.

7. Memakai lensa kontak

Jika Anda memakai lensa kontak sehari-hari, Anda mungkin akan mengalami gatal untuk beberapa alasan. Penggunaan lensa kontak jangka panjang dapat meningkatkan risiko mata menjadi kering. Alergen juga dapat berkumpul dalam lensa dan membuat gejala alergi lebih buruk.

Alergi lensa kontak juga dapat berkembang menjadi konjungtivitis papiler yang dapat membuat mata menjadi sensitif, merah dan gatal.

8. Ada debu atau benda asing di mata Anda

Apakah itu debu, pasir atau binatang kecil dan benda asing lainnya yang masuk ke mata dapat menyebabkan gatal, iritasi dan sakit pada mata. Menggaruk benda asing dalam mata dapat mengakibatkan abrasi kornea yang meningkatkan risiko infeksi dan menyebabkan jaringan parut kornea.

Cobalah untuk membilasnya keluar dengan air atau obat tetes mata tanpa bahan kimia. Jika masih gatal atau sakit, itu mungkin karena benda asing tersebut telah menggores sedikit mata Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.