Sukses

Pria Alami 4 Masalah Ini, Bisa Jadi Pertanda Diabetes

Gejala diabetes pada wanita dan pria secara umum hampir serupa, namun ada gejala tertentu yang unik dan lebih terlihat pada tubuh pria.

Liputan6.com, Jakarta Gejala diabetes pada wanita dan pria secara umum hampir serupa, tetapi ada gejala tertentu yang unik dan lebih terlihat pada tubuh pria.

Diabetes adalah satu kondisi akibat tubuh yang tidak bisa memproduksi cukup insulin, tidak bisa menggunakan insulin, maupun keduanya. Pada diabetesi, kadar gula dalam darah meningkat, sehingga hal ini dapat menyebabkan komplikasi jika tidak dikendalikan.

Ada beberapa gejala diabetes yang khusus terjadi pada pria, seperti dilansir dari Healthline, Senin (14/11/2016):

1. Disfungsi ereksi

Kondisi ini adalah ketidakmampuan penis untuk mencapai atau mempertahankan ereksinya. Menurut the National Diabetes Information Clearinghouse, pria dengan diabetes berisiko mengalami kondisi ini.

2. Ejakulasi retrogade

Pria dengan diabetes juga dapat mengalami ejakulasi retrogade, yang menyebabkan beberapa air mani dilepaskan ke kandung kemih Anda. Gejala yang mungkin terjadi ialah jumlah sperma yang hanya sedikit ketika dikeluarkan saat ejakulasi.

3. Masalah urologi

Masalah urologi dapat terjadi pada pria dengan diabetes akibat kerusakan pada saraf diabetesnya. Gejalanya termasuk kandung kemih yang terlalu aktif, ketidakmampuan untuk mengontrol buang air kecil, dan infeksi saluran kemih.

4. Penyakit guam pada penis

Hal ini disebabkan oleh infeksi jamur yang dapat terjadi jika gula darah tinggi, sehingga menyebabkan gula tersebut keluar lewat urin. Beberapa gejalanya seperti:

a. Kemerahan di sekitar kepala penis

b. Pembengkakan di sekitar kepala penis

c. Gatal di sekitar kepala penis

d. Bau yang tidak enak

e. Terdapat putih-putih pada kulit penis

f. Nyeri saat berhubungan seks

Jika Anda mengalami beberapa gejala diabetes seperti di atas, segera kunjungi dokter Anda, karena pengobatan dini pada diabetes, dapat mencegah masalah komplikasi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.