Sukses

Kabar Baik bagi Anda yang Suka Mengukus Makanan

Sebuah penelitian terbaru kembali membuktikan kalau makanan yang dikukus lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang digoreng atau panggang

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian terbaru kembali membuktikan kalau mengukus makanan lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang digoreng atau dipanggang. Studi yang dilakukan di Skotlandia ini bahkan menemukan, konsumsi makanan yang dikukus bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurut peneliti, makanan yang dimasak dengan suhu tinggi atau di atas 150 derajat celsius menyebabkan Neo-Formed Contaminants (NFCs), meningkatnya lemak trans yang berkaitan dengan risiko meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) dan berakibat pada penyakit jantung.

"Di Cina, tingkat penyakit jantung lebih rendah dibandingkan Asia Selatan lainnya. Ternyata mereka umumnya masih memasak dengan cara tradisional seperti mengukus dan merebus makanan sehingga tidak meningkatkan racun dalam tubuh," ujar peneliti, seperti dimuat Daily Mail, Jumat (4/11/2016).

Meski begitu, peneliti utama, Profesor Raj Bhopal mengatakan, penelitian ini masih terbatas sehingga belum diketahui mengapa beberapa kelompok etnis lebih rentan terhadap penyakit jantung.

"Hal ini menarik karena jika temuan kami terbukti benar, kita bisa mencegah penyakit jantung," ujar Bhopal dalam jurnal Nutrition.

Dalam ulasan sebelumnya, peneliti menemukan bahwa pria yang lahir di Pakistan memiliki risiko meninggal 62 persen lebih tinggi akibat serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang lahir di Inggris dan Wales.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini