Sukses

Bokong Terasa Terbakar Usai BAB, Mengapa?

Selain wasir, ini enam penyebab bokong terasa terbakar usai Buang Air Besar (BAB).

Liputan6.com, Jakarta Proses pencernaan yang lancar tentu akan menyehatkan. Namun apabila proses dari pencernaan terganggu, bisa jadi tubuh merasa tak nyaman, seperti merasakan sensasi terbakar pada bokong usai buang air besar (BAB).

Mengutip laman Boldsky, Selasa (4/10/2016) rupanya bokong terbakar tidak hanya terjadi pada penderita wasir saja. Berikut enam penyebab lain yang membuat bokong terasa seperti terbakar usai BAB.

1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas memungkinkan bokong terasa seperti terbakar. Mengapa? Sebab makanan pedas bisa mengiritasi anus Anda bahkan menyebabkan diare.

2. Usai berhubungan seks anal, bokong juga akan rentan mengalami sensasi terbakar. Hal ini dikarenakan wilayah tersebut sangat sensitif saat terpapar benda asing.

3. Penderita herpes kulit di dekat anus juga dapat merasakan sensasi terbakar usai BAB.

4. Infeksi di area anus akibat kebersihan yang kurang dan terlalu sering menggaruk bokong juga menjadi salah satu penyebab anus terasa terbakar.

5. Sembelit, gastroenteritis, dan sindrom radang usus juga bisa menimbulkan rasa terbakar pada bokong.

6. Proctalgia Fugax juga bisa menyebabkan nyeri dan sensasi terbakar. Untuk menanggulanginya Anda dapat mengompres bagian anus atau sekitar bokong dengan es batu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.