Sukses

Ini yang Sebabkan Bokong Sering Gatal

Tanda dan penyebab area bokong terasa gatal.

Liputan6.com, Jakarta Rasa gatal pada bagian tubuh bisa terjadi akibat alergi atau gigitan nyamuk. Namun jika gatal justru terjadi di bagian bokong, sebaiknya segeralah memeriksakannya.

Seperti dilansir laman Boldsky, Sabtu (10/9/2016), area bokong sangat sensitif sehingga bila bagian belakang ini gatal, bisa jadi karena infeksi jamur akibat suhu area pada bokong yang lembab--tempat ideal tumbuhnya jamur. Namun jika rasa gatal disertai kemerahan yang menyakitkan menjadi petanda penyakit herpes.

Adapun rasa gatal yang terjadi di belahan bokong ini biasanya menimbulkan kulit bersisik yang dikenal dengan psoriasis. Pada kondisi Anda harus segera memeriksakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sementara rasa gatal pada bokong tepat di lubang anus disertai dengan peradangan, pembengkakan, dan terasa seperti terbakar menjadi gelaja umum dari wasir. Jangan sekali-kali menggaruk atau menyentuh area bokong yang gatal, sebab tangan Anda dapat melepaskan sekumpulan bakteri yang semakin memperparah kondisi bokong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.