Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Lanjutkan Stop Disini

Bercinta saat Istri Hamil, Kaum Pria Harus Tahu Ini

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan pasangan suami istri (pasutri) bisa berhubungan seksual saat sang istri hamil. Tapi, seks saat hamil itu sebenarnya lebih rumit secara fisik dan emosional.

Penulis Sex Made Easy dan profesor di Indiana University Debby Herbenick menjelaskan hal-hal yang perlu pria perhatikan jika bercinta dengan istri yang sedang hamil seperti dilansir Mensjournal, Minggu (2/10/2016):

1. Wanita tak ingin bercinta sama sekali

Kehamilan bisa membuat istri merasa begitu intim, tapi menurut Herbenick tak semuanya seperti itu. Ada wanita yang tak ingin bercinta sama sekali.

"Kenyataannya kebanyakan wanita dan pasangannya merasa kehamilan memengaruhi dan lebih sering bercinta," ujarnya.

2. Wanita mungkin tak tertarik bercinta di trimester pertama

Setiap kehamilan berbeda. Tapi, kebanyakan wanita mengalami gejala yang tak menyenangkan seperti mual, muntah, kelelahan ekstrem, mulas, payudara nyeri, atau perut bergas, sehingga tak tertarik bercinta. Dan semua tergantung kehamilan, gejala ada yang lama-kelamaan mereda atau konsisten sepanjang kehamilan.

3. Keinginan bercinta di trimester berdua

"Keintiman dan merasakan tendangan bayi selama trimester kedua dapat membantu pasangan merasa lebih dekat dan ingin bercinta," kata Herbenick. Ada juga peningkatan aliran darah di bawah dan untuk beberapa wanita dapat mengakibatkan sensasi yang semakin memuaskan. Namun, pada perempuan lain hal ini membuat tidak nyaman.

 

1 dari 2 halaman

Perubahan Hormon

4. Ada perubahan hormon

Selama kehamilan, kadar hormon wanita berubah dan biasanya menurunkan gairah seks. Perubahan suasana hati paling umum terjadi di minggu enam sampai 10 kehamilan. Kondisi tersebut juga dapat membuat jarak, meski dalam hubungan yang paling dekat. Jika perubahan suasana hati begitu parah atau berlangsung lebih lama dari beberapa minggu, mintalah saran dokter.

5. Seks tidak akan menyakiti bayi

Seks tidak akan menyodok bayi. Ada situasi tertentu di mana pasangan perlu mengubah posisi untuk kenyamanan. Anda bisa bertanya pada dokter mengenai jenis posisi yang harus dihindari ketika bercinta dalam kondisi hamil. Dan beberapa penelitian telah menunjukkan posisi misionaris pada trimester ketiga dapat menyebabkan persalinan prematur tetapi ini tidak terjadi dalam setiap situasi.

6. Stres tidak baik untuk kehidupan seks Anda, dan kehamilan bikin stres

Saat hamil, ada banyak hal yang membuat Anda stres dan sibuk mempersiapkan kehadiran anak. Dan kelelahan fisik serta stres tak bagus untuk kehidupan seks Anda.