Sukses

Roti Gandum Selalu Lebih Sehat dari Roti Tawar Putih?

Roti gandum selalu dianggap lebih sehat daripada roti tawar putih.

Liputan6.com, Jakarta Roti gandum selalu dianggap lebih sehat daripada roti tawar putih. Apabila roti tawar putih terbuat dari tepung gandum yang minim serat, roti gandum justru kaya akan serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna kita.

Ahli Gizi Nurul Ratna Manikam memberitahu bagaimana menilai roti gandum yang sehat tersebut. Bukan roti gandum yang sekadar mendapat cap "gandum" padahal kalau dilihat komposisi roti tersebut mirip dengan roti putih tawar.

Menurur Nurul, roti gandum memiliki tekstur yang lebih kasar dibanding roti tawar putih. Tekstur yang kurang lembut membuat orang jarang suka roti gandum dan lebih memilih roti tawar yang bisa menaikkan gula darah dengan cepat.

"Warna cokelatnya khas gandum. Baunya agak-agak apek dan masih ada biji-biji gandumnya. Yang membuat harganya lebih mahal," kata Nurul saat dihubungi Health Liputan6.com pada Rabu (28/9/2016).

Meski menyehatkan alangkah baiknya menyantap roti gandum bukan dengan selai. Sama seperti roti tawar putih dengan cara menjadikannya sandwich.

Sandwich memiliki isian yang lengkap. Ada sumber serat berupa selada dan ada sumber protein berupa daging asap, ikan, ayam, telur, dan keju. Seperti ini cocok dijadikan menu sarapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.