Sukses

Roti Putih Vs Roti Gandum, Pilih Mana?

Ada dua perbedaan mencolok antara roti putih dan gandum.

Liputan6.com, Jakarta Ada dua perbedaan mencolok antara roti putih dan gandum. Roti putih terbuat dari tepung, dan memiliki kandungan gizi yang ringan karena hanya mengandung endosperm saja.

Sedangkan roti gandum, mempunyai tiga bagian yang kaya nutrisi yaitu dedak (lapisan luar), kuman (wilayah dalam), dan endosperm (antara tepung dan gandum). Roti berwarna cokelat ini lebih tinggi serat, vitamin B6, dan E, serta magnesium, seng, asam folat, dan kromium.

Meski keduanya merupakan makanan bergizi, namun yang banyak serat lah yang jadi pemenangnya. Berikut ini manfaat roti penuh serat dilansir laman Vegetariantimes, Rabu (28/9/2016).

1. Dalam sebuah studi Harvard pada 1994 yang baru selesai 10 tahun kemudian menjelaskan pria dan wanita yang makan roti berserat tinggi mengalami serangan jantung dan stroke lebih sedikit dibandingkan mereka yang memilih roti bagel dan baguette.

2. Cukup beralih dari roti putih ke roti gandum karena menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 20 persen, menurut penelitian dari University of Washington.

3. Serat dapat membantu Anda menurunkan dan menjaga berat badan karena mengonsumsi roti gandum membuat Anda cepat kenyang.

4. Roti putih kehilangan bagian yang paling bergizi karena tepung sudah dihaluskan. Sehingga serat, asam lemak esensial, dan sebagian besar vitamin serta mineral pun ikut hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.