Sukses

5 Strategi Menghilangkan Hasrat Makan Berlebih

Semua orang pasti pernah merasakan ingin sekali mengonsumsi makanan berlebih dan tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang pasti pernah merasakan ingin sekali mengonsumsi makanan berlebih serta tidak sehat. Namun jika Anda tengah menjalankan penurunan berat badan, makanan tersebut membuat bahkan menghancurkan kesuksesan diet Anda.

Untuk itu, sangat penting untuk mendapatkan strategi agar Anda bisa menahan hasrat mengonsumsi makanan berlebih. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu Anda, dilansir laman Today, Minggu (28/8/2016).

1. Tukar keinginan Anda

Sebelum mewujudkan keinginan Anda, minumlah air putih. Sambil minum, pikirkan untuk menukar keinginan Anda tersebut dengan sesuatu yang lebih sehat.

Misalnya Anda ingin pizza, tukarlah dengan beberapa sate sayuran dengan menggunakan saus marinara dengan sedikit keju yang ditaburkan di atasnya. Selain minum air, Anda juga bisa menukar aroma makanan dengan makanan yang bukan favorit.

Penelitian menunjukkan bahwa mengendus bau non-makanan secara signifikan dapat mengurangi keinginan.

2. Atur alarm yang menjengkelkan

Atur alarm di ponsel Anda selama 10 menit setelah muncul serangan keinginan Anda tersebut. Ini merupakan bagian yang mengganggu Anda dan menempatkan suasana hati yang buruk, dan berpotensi untuk mengonsumsi sesuatu yang tidak sehat.

Namun jika keinginan reda, maka Anda berhasil mengajarkan diri sendiri untuk mengontrol, serta membiarkan mereka melewati waktunya.

3. Buatlah psikologi terbalik

Katakan pada diri, Anda bisa makan apapun yang diinginkan. Secara psikologis, Anda menginginkan sesuatu yang tidak dimiliki. Sebaliknya katakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa makan kue cokelat jika Anda menginginkannya tapi kalau tidak Anda pun tak akan memakannya.

Pola pikir Anda akan menjadi, "Jika saya ingin memakannya, maka saya bisa. Jika tidak maka tidak akan." Gunakan pola pikir seperti itu untuk keuntungan mengekang semuanya. Penelitian menunjukkan jenis pemikiran 'jika-maka' skenario menunjukkan janji mengurangi keinginan.

4. Beri keinginan Anda dengan cara cerdas

Jika Anda menginginkan sesuatu sepanjang hari, mungkin tingkat gula darah sudah rusak. Untuk itu konsumsilah protein setiap tiga sampai empat jam untuk energi sepanjang hari, menstabilkan tingkat energi, suasana hati, dan gula darah Anda.

Penelitian telah menemukan bahwa makan protein membantu mempertahankan kadar gula darah, yang akan mengurangi keinginan mengonsumsi gula dan karbohidrat.

Mulailah untuk melihat sinyal Anda ingin makan protein. Ini akan membuat Anda terbiasa makan dengan benar sehingga akhirnya keinginan Anda reda sama sekali.

5. Berhenti menghubungkan emosi dengan makanan

Jika Anda mendambakan perayaan dengan makanan pizza, perhatikan apa yang Anda rasakan. Bisakah Anda menelepon seseorang teman untuk berbagi kabar baik sebagai sebuah perayaan?

Jika Anda sedang berhasrat mengonsumsi makanan membuat Anda bahagia, cobalah sebuah afirmasi positif yang juga bisa membuat Anda baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini