Sukses

Hati-Hati, Jenis Ikan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sembarangan

Ikan memang mengandung protein dan nutrisi tinggi, namun pada beberapa orang, ada jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh mereka

Liputan6.com, Jakarta Ikan dan kerang memang mengandung protein dan nutrisi tinggi. Namun penting untuk tahu bagaimana memilih dan memasak ikan tersebut sebelum dikonsumsi agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

U.S. Food and Drug Administration (FDA) melaporkan, ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh beberapa orang, seperti dikutip Ehow, Jumat (26/8/2016):

1. Ikan hiu, ikan pedang, ikan tenggiri, dan tilefish

Khususnya wanita yang sedang hamil, ibu menyusui, dan anak-anak harus menghindari memakan ikan ini karena mengandung tingkat merkuri yang tinggi. Jika merkuri dikonsumsi terlalu banyak, dapat membahayakan sistem sarafjanin dan anak-anak.

Merkuri secara alami ada di lingkungan kita dan dilepaskan ke udara oleh polusi industri. Ketika merkuri tersebut jatuh ke sungai dan lautan, akan berubah menjadi methylmercury dan diserap ikan. Namun karena ukurannya yang besar dan dapat hidup lama, sehingga ikan-ikan tersebut telah mengumpulkan merkuri dalam jumlah yang besar dibandingkan jenis ikan lainnya.

2. Makanan laut mentah

Wanita hamil, anak-anak, orang tua, orang dengan sistem imun yang kurang, ataupun orang yang memiliki asam lambung sebaiknya menghindari konsumsi makanan laut mentah atau setengah matang. Makanan laut mentah akan membuat mereka rentan terinfeksi parasit. Jadi masak hingga benar-benar matang sebelum mengonsumsinya, ya. 

3. Makanan laut yang diasap

Wanita hamil, orang tua, dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, berisiko terkena penyakit karena bakteri Listeriosis. Jenis makanan laut yang seringkali diasap, seperti misalnya, trout, salmon, cod, tuna, tenggiri, dan whitefish. Namun jika makanan tersebut tidak diasap namun digoreng hingga matang, boleh dikonsumsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.