Sukses

Berapa Banyak Kita Boleh Mengonsumsi Salmon?

Konsumsi salmon mingguan lebih dari sepuluh kali tidak membahayakan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pecinta sushi, mungkin mengonsumsi salmon mentah bukan lagi menjadi hal yang menjijikkan atau membuat mual. Meski banyak orang yang tidak setuju dengan konsumsi daging salmon secara mentah, nyatanya konsumsi salmon boleh lebih sepuluh kali dalam seminggu bahkan 14 kali.

Mengonsumsi semua hal yang berlebihan memang akan menyebabkan efek di kemudian hari, namun dalam laman Health Unit, protein dan lemak tak jenuh dalam salmon memiliki segudang manfaat kesehatan.

Mengutip laman Live Strong, ditulis Senin (22/8/2016) The American Heart Association merekomendasikan untuk setidaknya mengonsumsi salmon dua kali per minggu. Porsi yang dianjurkan juga sekitar 3,5 ons dengan cara mengukus atau memanggang daging salmon. Omega-3 dalam salmon dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Meskipun salmon mengandung merkuri, namun tingkat merkurinya masih tergolong sangat rendah. Salmon segar atau beku umumnya rendah merkuri bahkan dalam tiga ons salmon, kandungan merkuri hanya 0,01 dari jutaan merkuri pada jenis ikan lainnya.

Dianjurkan untuk membeli salmon yang masih segar atau salmon yang dibekukan karena mengandung nutrisi yang lebih tinggi. Agar salmon tetap sehat dan bergizi saat dimasak, disarankan untuk menggunakan minyak zaitun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.