Sukses

Orangtua Panjang Umur, Ini Keuntungan bagi Anak

Anak yang tinggal bersama orang tua yang panjang umur juga memiliki kesempatan memiliki umur panjang.

Liputan6.com, New York- Memiliki orangtua sehat dan panjang umur merupakan harapan semua anak. Sebagai anak, ada perasaan bahagia bisa berlama-lama dengan orangtua. Menariknya lagi, anak yang tinggal bersama orangtua yang panjang umur juga memiliki kesempatan memiliki umur panjang.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology menemukan orang yang tinggal bersama paling tidak satu orangtua berusia lebih dari 70 tahun meningkatkan umur panjang hingga 16 persen.

Kesimpulan ini diketahui lewat data 186.000 orang berusia paruh baya selama delapan tahun. Para orangtua dalam studi ini cenderung memiliki lebih sedikit penyakit terkait jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan kolesterol. Lalu risiko para orangtua terkena penyakit jantung juga menurun.

Hasil temuan menariknya, anak yang hidup bersama orangtua berusia di atas 70 tahun memiliki risiko lebih rendah terkena kanker. Hal ini bisa berarti sang anak mewarisi sesuatu dari orangtua yang membuat hidup mereka lebih lama seperti dikutip laman Time, Rabu (17/8/2016).

Namun belum diketahui sesungguhnya apa keterkaitan orangtua berumur panjang dengan anak yang juga ikut memiliki umur panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.