Sukses

Atlet Pemenang Medali Emas Lebih Panjang Umur

Peraih medali emas dalam olimpiade hidup 3 tahun lebih lama dibanding masyarakat biasa

Liputan6.com, Jakarta Ajang pertnadingan olah raga terbesar di dunia masih berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil. Berbagai cabang olah raga dilombakan yang diikuti ribuan atlet dari berbagai negara termasuk Indonesia. Para atlet berjuang demi meraih emas untuk mereka persembahkan bagi negaranya.

Tahukah Anda bahwa mereka yang berhasil memperoleh medali di olimpiade baik emas, perak atau perunggu memiliki kesempatan untuk lebih panjang umur?

Sebuah penelitian menemukan bahwa peraih medali emas dalam olimpiade hidup 3 tahun lebih lama dibanding masyarakat biasa. Dan masih mempertahankan umur panjang mereka 30 tahun setelah memenangkan medali di olimpiade.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam British Medical Journal. Tak hanya penghargaan olahraga, pemenang Hadiah Nobel, dan Oscar juga lebih mungkin panjang umur. Aktor dan sutradara peraih Oscar hidup sekitar 4,5 tahun lebih lama, dan penerima Hadiah Nobel hidup 1-2 tahun lebih lama daripada calon yang mereka kalahkan.

Namun, hanya memenangkan penghargaan tersebut mungkin tidak cukup untuk menambahkan umur hidup. Anda harus hidup seperti seorang pemenang. Beberapa peneliti berspekulasi bahwa kemampuan untuk menang mungkin lebih dari sebuah refleksi dari status sosial, bukan menang sendiri.

Direktur penelitian Andrew J. Oswald, seorang profesor ekonomi di University of Warwick, Inggris seperti dilansir Medical Daily, Senin (14/8/2016) mengatakan "Status tampaknya bekerja semacam sihir yang menyehatkan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini