Sukses

7 Jenis Makanan Ini Pengaruhi Bau Urine

Tujuh jenis makanan dan minuman ini memberikan pengaruh kuat terhadap bau urine.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu faktor yang dapat mengubah bau dan warna urine manusia berasal dari zat atau senyawa beragam di dalam jenis makanan dan minuman.

Seperti tujuh jenis makanan dan minuman berikut ini dapat memberikan pengaruh terhadap bau urine usai mengonsumsinya. Dikutip dari laman Tested, ditulis Jumat (5/8/2016).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Kari

Kari adalah salah satu jenis makanan khas India yang memiliki cita rasa pedas. Bahan dasar dari kari ini cukup beragam--mulai dari kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, cengkeh, ketumbar hingga kapulaga.

Rasa pedas dari kari mempengaruhi urine yang berbau sedikit pedas menyengat. Melalui suatu penelitian, hal yang mempengaruhi bau urine tersebut berasal dari ketumbar yang bersifat tajam. Menariknya, biji ketumbar adalah bahan tradisional yang dapat membantu penyembuhan infeksi saluran kemih.

2. Salmon

Gizi dan nutrisi dalam salmon manjur untuk memetabolisme tubuh dari protein dan lemak. Sebab jenis ikan air tawar ini mengandung vitamin B6. Sayangnya vitamin ini memberi efek negatif terhadap saluran kemih. Usai mengonsumsi salmon, urine akan berubah warna menjadi lebih kuning dan memiliki aroma mirip obat-obatan.

3. Cabai

Senyawa bernama capsaicin dalam cabai memiliki pengaruh besar terhadap bau urine. Saat capsaicin berkontak dengan tubuh, akan memicu reaksi membran mukosa tubuh (lapisan kulit dalam organ tubuh) yang mengembangkan bau tidak sedap terhadap urine.

4. Alkohol

Saat mengonsumsi alkohol, maka hasrat untuk buang air kecil akan lebih besar. Hal ini terjadi akibat alkohol bersifat diuretik. Usai mengonsumsi alkohol biasanya urine akan berwarna jauh lebih gelap dan berbau menyengat.

3 dari 3 halaman

5. Brussels sprouts

 

Brussels sprouts atau kol mini adalah sayuran yang memiliki setumpuk manfaat sehat untuk tubuh. Serat, vitamin A, dan vitamin C dalam kol mini memiliki peran baik untuk tubuh manusia--sayangnya sayuran ini juga memiliki senyawa kimia yang disebut metil-mercaptan.

Usai mengonsumsi sayuran ini, bau urine cenderung menyengat dan terasa tidak menyenangkan. Hal ini terjadi juga pada jenis sayuran lainnya seperti kubis, lobak, dan kembang kol.

6. Kopi

Sama seperti alkohol, kafein memiliki efek diuretik yang kuat dan menyebabkan bau urine menjadi lebih menyengat. 

7. Bawang putih

Senyawa metil-mercaptan dalam bawang putih memiliki pengaruh kuat terhadap bau urine. Namun mengonsumsi bawang putih akan memberikan efek positif untuk saluran kemih Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.