Sukses

Hati-Hati, Orang Gemuk Bisa Meninggal Lebih Cepat

Tak hanya orang obesitas bisa meninggal lebih cepat, orang berbadan gemuk juga memiliki risiko meninggal sebelum usia 70 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak konsekuensi tak menyenangkan dari obesitas. Mulai dari meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes, hingga beberapa tipe kanker. Aneka penyakit tersebut bisa membuat orang dengan obesitas meninggal lebih cepat atau sebelum usia 70 tahun dibandingkan orang-orang tidak obesitas.

Namun tak hanya orang-orang obesitas yang bisa meninggal lebih cepat. Mereka yang memiliki berat badan berlebih atau gemuk (overweight) juga berisiko meninggal lebih cepat dibanding orang yang memiliki berat badan normal.

"Hasil studi menyoroti sedikit berat badan di atas normal dari indeks massa tubuh bisa membahayakan," tutur penulis utama studi dari University of Cambridege, Inggris, Emanuele Di Angelantonio.

"Ada peningkatan risiko yang dimulai dari gemuk hingga tingkat obesitas," tutur Angelantonio.

Bila berat badan berlebih di atas indeks massa tubuh (IMT) risiko meninggal 11 persen lebih cepat, dalam arti meninggal sebelum mencapai usia 70 tahun.

Peningkatan risiko bertambah seiring makin berat badannya. Orang dengan IMT 30-35 risiko meninggal sebelum 70 tahun sekitar 45 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.