Sukses

Nias Sudah Lama Menantikan Kehadiran Tim Nusantara Sehat

Kepala Puskesmas Botombawo di Nias, Ingati Lase berharap Tim Nusantara Sehat tidak segan berbagi informasi dan pengetahuan.

Liputan6.com, Nias Tenaga kesehatan dari Tim Nusantara Sehat (Tim NS) sudah dinanti-nantikan sejak lama kehadirannya di Kabupatan Nias, Sumatera Utara. Pada Selasa, 7 Juni 2016 lalu harapan tersebut terwujud. Sebanyak enam tenaga kesehatan siap bekerja melayani kesehatan masyarakat di Puskesmas Rawat Inap Desa Botombawo, Kecamatan Hiliserangkai.

"Ya'ahowu (ucapan salam khas Nias), kami memang sudah menunggu kehadiran Tim NS Kementerian Kesehatan ini, karena harapan kami ingin segera ada perubahan yang dibawa oleh Tim NS kepada Puskesmas Botombawo," ungkap Kepala Puskesmas Botombawo, Ingati Lase.

Ingati yakin Tim NS sudah memiliki banyak wawasan untuk membantu perkembangan pelayanan kesehatan di daerah. Ingati juga berharap para TIM NS tidak segan-segan memberikan informasi dan pengetahuan kepada rekan-rekannya di Puskesmas Botombawo.

Tak lupa Ingati mengingatkan para petugas kesehatan asli Nias untuk membantu anggota Tim NS beradaptasi dengan adat-istiadat setempat, menerima mereka dengan baik dan bisa saling bertukar pikiran dengan Tim NS, dan tidak menganggap mereka orang lain atau orang luar seperti dikutip pers rilis Kementerian Kesehatan RI ditulis Health-Liputan6.com Rabu (8/6/2016).

Langkah berikutnya, Tim NS akan lekas beradaptasi dengan masyarakat sekitar, termasuk kepada tokoh masyarakat seperti pesan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat melepas Tim NS di Jakarta akhir Mei lalu.

"Dekati para Kepala Desa, Pemuka Agama, maupun Tetua setempat dengan cara yang baik, karena jika pemimpin daerah tersebut yang memberi contoh, tentu masyarakat akan mengikuti," pesan Kalla saat itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini