Sukses

Penting Lakukan Pendinginan Setelah Olahraga

Pendinginan merupakan gerakan yang dilakukan guna mengurangi kinerja otot yang bereaksi setelah melakukan aktivitas olah raga.

Liputan6.com, Jakarta Selain dari melakukan pemanasan sebelum olahraga, pendinginan merupakan hal yang terpenting dilakukan setelah melakukan aktivitas olahraga. Pendinginan merupakan gerakan yang dilakukan guna mengurangi kinerja otot yang bereaksi setelah melakukan aktivitas olahraga, pendinginan dilakukan guna menghindari rasa sakit ketika kita usai melakukan aktivitas olahraga.

Selain daripada itu pendinginan juga mempunyai manfaat lain yang berpengaruh pada kesehatan tubuh. Manfaat tersebut dilansir oleh Health24, Selasa (31/5/2016) tubuh kembali netral menerima aktivitas biasa setelah melakukan olahraga. Selain itu pendinginan juga bermanfaat untuk menstabilkan peredaran darah setelah bekerja lebih cepat dibandingkan biasanya ketika berolahraga.

Manfaat lain yang jelas terasa oleh kita adalah olahraga menormalkan kinerja jantung kita sehingga detak jantung yang lebih cepat ketika kita berolahraga kini kembali normal setelah dilakukan pendinginan.

Gerakan pendinginan biasanya sama dengan gerakan pemanasan karena gerakan tersebut bersifat peregangan yang berfungsi untuk membiasakan anggota tubuh atau otot tertentu agar bekerja dengan baik ketika melakukan aktivitas olah raga yang lebih berat. Bedanya dalam pendinginan gerakan tersebut berguna sebagai gerakan yang menormalkan kinerja dari bagian tubuh atau otot tertentu agar menghindari cedera otot yang kemungkinan bisa dialami ketika selesai melakukan aktivitas olahraga. 

Pendinginan juga tidak bisa dilakukan sembarangan, ada beberapa gerakan yang memang dikhususkan untuk dilakukan pada saat pendinginan, gerakan tersebut lebih kepada relaksasi ketika berat mengerjakan olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini