Sukses

Sudah Benarkah Cara Mandi Anda?

Mandi menjadi kebutuhan dan hal yang penting untuk dilakukan setiap hari demi kesehatan tubuh. Namun, sudah benarkah cara mandi Anda?

Liputan6.com, Jakarta Mandi dengan air panas atau dingin menjadi salah satu pilihan yang sederhana untuk mendapatkan sensasi mandi yang menyenangkan. Tetapi, pilihan air panas atau dingin belum tentu membuat seluruh kotoran pada tubuh Anda akan luruh seketika.

Melansir laman Greatist, Selasa (3/05/2016) aktivitas mandi setiap hari bertujuan untuk mendapatkan tubuh yang segar dan terhindar dari segala jenis kuman tak terlihat, terlebih untuk kesehatan tubuh manusia. Namun faktanya, cara dan gerakan mandi setiap individu belum tentu sudah dilakukan secara efektif.

1. Air panas atau dingin?

Lauren Ploch, M.D., seorang dokter kulit di New Orleans' Ochsner Medical Center mengatakan, sebelum mandi tubuh memerlukan waktu untuk mendinginkan badan atau mengeringkan rasa lembap pada tubuh. Lalu gunakan air panas untuk menghapus semua minyak berlebih pada tubuh, lalu mengubah air ke derajat yang tak terlalu panas dan dingin (suam-suam kuku).

2. Berapa lama waktu untuk mandi?

Marie Jhin, M.D., dermatolog asal San Francisco mengatakan waktu mandi yang baik berlangsung selama 5 sampai 10 menit, sebanyak dua kali sehari. Menurutnya mandi bukan berdasarkan kuantitas, namun kualitas dan memerhatikan langkah mengeringkan tubuh yang benar-benar kering seusai mandi.

3. Bagaimana urutan mandi yang tepat?

Setelah Anda menemukan suhu yang tepat, Karyn Grossman, M.D., seorang dermatologi di Beverly Hills merekomendasikan untuk membilas rambut terlebih dahulu lalu mengusapkan sampo pada rambut. Mengapa? Sebab kulit kepala dan rambut memiliki minyak yang lebih.

Setelah mencuci rambut, langkah selanjutnya ialah membilas seluruh tubuh lalu gosok semua permukaan kulit tubuh dengan sabun yang tepat.

Langkah terakhir saat mandi, pastikan Anda mencuci muka dengan sabun muka yang tepat untuk menghindari jerawat juga menghilangkan minyak-minyak yang tersisa.

Untuk menghindari kuman dan bakteri tak terlihat, jemurlah handuk Anda setiap hari hingga kering. Pemakaian handuk maksimal dua bulan lalu Anda perlu menggantinya. Hindari juga menjemur handuk di dalam kamar mandi, sebab kamar mandi menjadi sarang kuman dan bakteri akibat kondisi yang lembap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.