Sukses

Mengapa Saat di Kamar Mandi Sering Muncul Ide Brilian?

Begitu ajaibnya dampak ide brilian di kamar mandi dan peneliti punya alasan ilmiah terkait hal tersebut.

Liputan6.com, New York- Pernah tidak saat keramas atau buang air besar lalu tiba-tiba muncul ide-ide brilian terkait pekerjaan atau masalah yang sedang dihadapi? Jika iya, Anda tidak sendiri ada banyak orang mendapat ide brilian saat berada di kamar mandi.

Penulis skenario film-film Hollywood, Aaron Sorkin misalnya saat ia sedang buntu dalam menuliskan ide cerita, bisa mandi enam kali dalam sehari. Film Steve Jobs di tahun 2015 adalah salah satu hasil karyanya.

Begitu ajaibnya kamar mandi, peneliti punya alasan ilmiah terkait hal tersebut. Ternyata ide-ida bisa muncul ketika Anda berhenti mengerjakannya dan membiarkan pikiran terbang bebas kemanapun. Begitu disebutkan dalam jurnal Thinking & Reasoning.

Ketika Anda menggunakan teknik metodis untuk menyelesaikan masalah, bagian lobus frontal otak akan sangat aktif. Hal ini amat baik ketika ketika mengerjakan sesuatu dengan lancar namun sangat buruk jika terjebak pada suatu masalah seperti diungkapkan dalam The Eureka Factor: Aha Moments, Creative Insight, and the Brain, karya John Kounios.

Nah ketika Anda berhenti memikirkan masalah tersebut, misalnya dengan kondisi rileks saat di kamar mandi membuat kerja lobus frontal otak menurun dan mengaktivasi bagian otak lainnya yakni anterior cingulate. Dari sinilah ide-idenya akan muncul.

"Hal tersebut akan bisa memperluas pikiran Anda," terang Kounios seperti dikutip laman Men's Health, Jumat (18/3/2016).

Oleh karena itu, ketika Anda sedang terjebak tak bisa menyelesaikan sesuatu coba ambil jeda sedikit agar ide-ide brilian kembali muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.