Sukses

Bermain Musik Tingkatkan Kemampuan Bicara Balita

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi fakta menarik mengenai perkembangan si kecil saat merespon musik. Sebuah penelitian yang dilakukan University of Washington menemukan, balita yang diperkenalkan musik mengalami peningkatan respon otak yang membuatnya mampu berbicara dengan baik.

Seperti diberitakan Mirror, Selasa (26/4/2016), para ahli mengatakan pola berirama dalam musik dapat meningkatkan kemampuan bayi untuk mendeteksi dan memperbaiki cara bayi merespon pembicaraan.

"Musik tak sekedar meningkatkan keterampilan kognitif. Tapi ada peningkatan respon otak bayi," ujar peneliti.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan melibatkan bayi berusia sembilan bulan untuk mendengarkan musik selama 12 sesi masing-masing 15 menit dan mendengarkan respon dewasa bicara. 

Hasilnya, penelitian yang diterbitkan dalam Prociding National Academy of Sciences menunjukkan, kesembilan bayi ini sangat merespon kata-kata saat mendengar setiap ketukan musik.

"Karena mendengarkan serangkaian musik dan bicara, masing-masing memainkan irama. Dan otak bayi akan menunjukkan respon tertentu," kata peneliti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.