Sukses

Manfaat Luar Biasa Bayi yang Diajak Mendengarkan Musik

Mengajak bayi mendengar dan menggoyangkan tubuh seirama lagu punya manfaat positif lho.

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda bersama-sama sang bayi, coba untuk mendengarkan musik berirama riang lalu mengajaknya menggoyangkan badan. Selain sebagai bentuk cara menyenangkan bersama sang bayi, hal ini pun membuat bayi mau bekerjasama dan saling membantu.

Hal ini diketahui lewat penelitian terhadap 30 bayi berusia 14 bulan yang diajak berdendang dengan iringan musik instrumental Twist and Shout milik The Beatles.

Setelah beberapa kali bayi mendengarkan lagu itu bersama ibu atau ayah, bayi diuji bagaimana keaktifan mereka saat melakukan kontak dengan orangtua. Ternyata, bayi yang diajak bernyanyi dan bergerak akan bersifat kooperatif kepada orang yang mengajaknya melakukan itu. Hal itu ditunjukkan saat diuji dimana sang bayi akan mengembalikan benda yang pura-pura dijatuhkan serta mematuhi permintaan orangtua yang memintanya untuk berbagi dengan teman.

"Musik memiliki efek sosial kepada bayi selama orang tua tidak pasif saat mendengarkan musik tersebut," ungkap peneliti utama sekaligus dosen pada McMaster University di Hamilton Laura Cirelli seperti dilansir dari laman Today pada Jumat (14/11/2014).

"Ini artinya bahwa bayi belajar berbuat sesuatu dengan orang yang terlibat dengannya," tambah Cirelli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini