Sukses

Kemenkes Kenalkan Mall Data untuk Kebutuhan Kesehatan Publik

Robertus Theodore, memperkenalkan portal data Indonesia yaitu data.go.id yang bertujuan untuk memudahkan publik dapatkan info kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak kekeliruan yang terjadi ketika publik ingin mencari data perihal kesehatan yang akurat di Indonesia. Banyaknya dan bebasnya portal-portal kesehatan yang memuat info kesehatan menjadikan info tersebut tak seragam satu sama lain.

Isu yang berkembang dalam ranah kesehatan berasal dari banyak bidang. Mulai dari data angka kelahiran anak dan kematian ibu di Indonesia, data penyakit menular dan tidak menular, data rumah sakit, layanan publik kesehatan, hingga data Kejadian Luar Biasa (KLB).

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Kementerian Kesehatan menyediakan situs, yaitu www.depkes.go.id, sebagai sarana publikasi data dan informasi dari berbagai program kegiatan up to date yang dilakukan oleh Kementerian kesehatan, sekaligus segala data yang berkaitan dengan informasi kesehatan.

Robertus Theodore, selaku Technical Director One Data Indonesia, memperkenalkan portal data Indonesia yaitu data.go.id yang bertujuan untuk memudahkan publik dalam mendapatkan kebutuhan data dan informasi kesehatan.

"Data ini bukan semata-mata untuk jurnalis saja dalam melengkapi kebutuhan khusus mereka, tetapi untuk seluruh publik," ungkapnya dalam Temu Media, di Gedung Adyatma, Kementerian Kesehatan, Rabu (20/4/2016).

Menurut Robertus dengan adanya sarana data ini dapat dianalogikan seperti one stop shopping atau mall data publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Harapannya masyarakat atau publik dapat mendapatkan data yang tepat dan terpadu.

"Sambutan dari masyarakat pun cukup besar, ditambah dengan adanya data.go.id ini, data dapat membuka peluang pengembangan inovasi ke depannya," ungkap Robertus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini