Sukses

Renggut 3 Nyawa, Menkes Hentikan Sementara Penggunaan Bupivacaine

Tiga pasien di Rumah Sakit Mitra Husada Lampung meninggal dunia setelah diberi obat anestesi Bupivacaine.

Liputan6.com, Jakarta Tiga pasien di Rumah Sakit Mitra Husada Lampung meninggal dunia setelah diberi obat anestesi Bupivacaine, produksi PT Bernofarm, pada rentang 2-6 April lalu. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek memerintahkan pemakaian obat tersebut dihentikan sementara waktu.

"Bukan dicabut, artinya ditarik dulu karena jauh lebih aman itu. JadiKemenkes meminta semua obat Bupivacaine yang buatan Bernofarm itu ditunda dulu pemakaiannya. Nanti kita lihat," kata Nila, di Kantor Wakil Presiden,Jakarta, Senin (11/4/2016).

"Jadi kita tidak boleh dulu praduga, tidak bersalah dulu ya," tambah dia.

Nila menyampaikan saat ini ‎‎sedang dilakukan pemeriksaan terhadap obat tersebut oleh tim khusus. Tim itu terdiri dari ahli anestesi dari rumah sakit, Kemenkes, BPOM, dan kepolisian setempat. DPR juga turut memantau pemeriksaan tersebut.

"(Obat tersebut ditarik) Sampai pembuktian selesai. Kemudian obat-obatan yang masih ada dalam kotak itu yang belum dipakai juga diambil laporannya. Jadi untuk dicek. Mungkin di dalam itu ada kesalahan," tegas Nila.

Tiga pasien yang meninggal adalah Supripto (62) yang menjalani operasi tumor kaki, Mahardika (16) yang menjalani operasi pembesaran pembuluh vena di testis, dan Devi Franita (30) yang menjalani operasi caesar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini