Sukses

Begini Cara Dapatkan Manfaat Kesehatan dari Biji Avokad

Kandungan antioksidan yang tinggi, membuat biji avokad dapat dikonsumsi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Jangan buang dulu biji avokad, beberapa manfaat kesehatan ada di dalamnya. Kandungan antioksidan yang tinggi, membuat biji avokad dapat dikonsumsi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Belum lama ini, pakar gizi dari New York City, Amy Shapiro mengungkap bagaimana biji avokad ini padat nutrisi sehingga dapat ditambahkan pada makanan, jus atau smoothie.

"Sekitar 70 persen antioksidan terdapat pada biji avokad. Antioksidan melawan radikal bebas, yang berarti dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit serta mencegah kerutan kulit," kata Shapiro, seperti dikutip Dailymail, Kamis (24/3/2016).

Selain itu, kata dia, serat yang tinggi pada biji avokad dapat membantu bakteri sehat dalam usus tetap hidup sehingga dapat menjadi pelindung terhadap penyakit dan risiko kanker. 

Meskipun manfaat kesehatannya luar biasa namun biji avokad terasa pahit bila Anda pernah mencobanya. Itu sebabnya, Shapiro menganjurkan mencampur biji avokad dengan smoothie atau yoghurt.

Dia menambahkan, buah ini membantu menjaga kadar kolesterol jahat (LDL) turun dan memperbaiki kolagen dalam tubuh yang membuat kulit awet muda. Dan, seperti biji-bijian, avokad dapat menjaga seseorang merasa kenyang lebih lama.

Berikut langkah-langkah memanfaatkan biji avokad:

1. Angkat biji avokad dari buahnya dan keringkan pada suhu 120 derajat celsius dalam waktu dua jam.

2. Saat biji avokad dikeringkan, bentuk kulit luar akan retak, setelah itu ambil bagian dalamnya.

3. Menggunakan pisau, potong-potong biji avokad hingga kecil.

4. Hancurkan potongan biji tersebut menggunakan blender

5. Simpan bubuk biji avokad dan tambahkan pada minuman Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini