Sukses

Jangan Buang Biji Avokad, Ini Manfaatnya

Avokad memang mengandung lemak nabati yang melindungi tubuh dari radikal bebas, bagaimana dengan biji avokad

Liputan6.com, Jakarta Tak banyak yang tahu, avokad bukan hanya memberikan nutrisi melalui dagingnya tapi juga dari bijinya. Iya, buah yang mengandung lemak nabati yang melindungi kerusakan akibat radikal bebas ini padat gizi karena tinggi protein, karotenoid, dan anti inflamasi.

Bagaimana dengan bijinya? Menurut sebuah studi terbaru, biji avokad ternyata mengandung antioksidan, serat dan fenolik yang jauh lebih tinggi dari dagingnya.

Laman Boldsky, Jumat (26/2/2016) melaporkan, Anda bisa mendapat manfaat biji avokad dengan cara mengupas lapisan halus kulit coklat yang menutupnya. Kemudian, parut atau giling biji avokad menjadi bubuk dengan penggiling biji kopi atau blender bertenaga tinggi. Tambahkan bahan sehat ini sebagai hiasan untuk salad Anda, sup, jus, atau smoothie buah.

Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat biji avokad, simak ulasannya berikut ini:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Biji avokad memiliki kandungan tinggi antioksidan bahkan lebih tinggi dari dagingnya. Antioksidan ini membantu menangkal radikal bebas sehingga mencegah virus flu.

2. Menurunkan tekanan darah

Biji avokad sangat tinggi kalium yang merupakanvasodilator (pelebar pembuluh darah) yang baik dan membantu mengurangi tekanan darah Anda. Biji avokad juga dapat menurunkan ketegangan pembuluh darah dan arteri, yang selanjutnya membantu mengurangi risiko hipertensi. 

3. Mencegah kanker

Biji avokad mengandung flavonol, flavonoid yang meliputi senyawa seperti quercetin, kaempferol dan myricetin yang dapat mencegah pertumbuhan kanker.

4. Mengatasi sembelit

Biji avokad mengandung serat larut dan antioksidan yang dapat mencegah dan meringankan sembelit secara alami.

5. Memberikan energi

Biji avokad juga mengandung antioksidan, kalium, kalsium dan magnesium yang membantu dalam menyediakan energi untuk tubuh.

6. Menurunkan kolesterol

Biji avokad mengandung lemak monosaturated yang membantu menurunkan kolesterol.

7. Anti-inflamasi

Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari biji alpukat adalah antioksidan seperti katekin dan procyanidins yang membantu untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak karena peradangan.

8. Mencegah penuaan

Jika Anda mengonsumsi bubuk biji avokad dua kali dalam seminggu, Anda juga bisa mencegah bintik-bintik dan garis penuaan di wajah.

9. Mencegah uban

Oleskan pasta tebal dari biji avokad pada rambut Anda sebulan sekali agar lebih sehat dan bersinar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.