Sukses

20 Cara Atasi Stres di Kantor dalam 1 Menit (Bagian I)

Stres di tempat kerja memang tak mungkin dihindari, tapi tak berarti tak bisa diatasi.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu stres di kantor, mulai dari pekerjaan yang seolah tak ada habisnya, beban tanggung jawab yang luar biasa besar, deadline ketat, dan lainnya.

Saat stres datang tentunya berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Bila dibiarkan terus-menerus tak hanya hal itu memengaruhi kinerja melainkan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Stres di tempat kerja memang tak mungkin dihindari, tapi tak berarti tak bisa diatasi. Anda bisa mencoba 10 dari 20 trik untuk mengatasi stres dalam waktu singkat seperti dilansir dari laman Woman'sDay, Senin (21/3/2016) berikut:

1. Bernapas perlahan dan dalam

"Saat Anda stres, Anda melepaskan adrenalin yang memproduksi lebih banyak hormon stres dan membuat Anda jadi lebih panik," jelas Amit Sood, MD, profesor dan ahli stres di Mayo clinic Healthy Living Program di ROchester, Minnesota. "Bernapas perlahan dan dalam mengurangi kadar adrenalin, jadi sulit untuk stres saat Anda bernapas dalam," tambahnya.

2. Tanyakan pada diri sendiri, "Apakah hal ini akan jadi masalah dalam lima tahun dari sekarang?"

Melihat situasi dengan konteks yang lebih besar membuat kondisi yang tak mengenakkan terasa lebih ringan.

3. Hadiahi diri sebatang cokelat hitam

Cokelat mengandung flavonoid yang memicu pelepasan dopamin di otak dan mengaktifkan bagian korteks prefrontal yang membuat Anda rileks.

4. Corat-coret

Kreativitas juga memicu korteks prefrontal dan membantu Anda lebih mudah menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan menyenangkan.

5. Fokus pada apa yang bisa dilakukan segera

Anda tak bisa mengendalikan segalanya. Terkadang ada hal-hal yang berada di luar jangkauan. Bila ada salah satu tugas yang tak bisa diselesaikan lantaran satu dan lain hal di luar kekuasaan Anda, lebih baik fokus menyelesaikan tugas penting lainnya yang benar-benar mampu Anda selesaikan dengan baik.

6. Menonton Youtube sejenak

Perlu alasan untuk tertawa? Tak ada salahnya melihat tontonan singkat di Youtube yang bisa menggelitik saraf tawa Anda. Dr Sood menjelaskan, tawa mencerminkan kepercayaan dan keterhubungan sosial, apa pun konteksnya. Tertawa juga merupakan latihan fisik yang baik, setara dengan efek aerobik yang sesungguhnya.

7. Makan makanan tinggi karbo dan kudapan tinggi lemak

Karbohidrat jenis apa pun, termasuk gula, bisa mengaktifkan titik kepuasan di otak. Lemak juga bersifat menenangkan karena tinggi kalori dan membantu kita mengatasi stres. Tak heran bila pizza, keju panggang, kentang goreng, dan es krim ampuh mencerahkan hari buruk di kantor.

8. Menelepon ibu

Menurut sebuah studi, mendengar suara ibu bisa mengaktifkan hormon cinta dan menghalau kortisol, hormon stres. Bila Anda tak bisa mengubungi ibu Anda, mendengar suara teman dekat pun juga bisa meredakan stres.

9. Lakukan peregangan

Peregangan yang baik bisa melepaskan endorfin dan zat kimia sehat lainnya yang membantu Anda mengatasi stres.

10. Menghirup aroma yang disukai

"Terapi aroma memiliki efek menenangkan karena hidung terhubung dengan otak," jelas Dr Snood. Hiruplah aroma yang memberi Anda ingatan akan sesuatu yang positif. Itu sangat membantu meredakan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.