Sukses

5 Tanda Anda Stres di Kantor

Pernah memperhatikan tubuh saat stres di kantor, tidak? Tubuh kita ternyata mengalami keanehan saat hormon kortisol mulai keluar.

Liputan6.com, Jakarta Pernah memperhatikan tanda tubuh saat stres di kantor, tidak? Tubuh kita ternyata mengalami keanehan saat hormon kortisol mulai keluar. Daripada bingung, perhatikan saja 5 hal berikut, seperti dikutip Menshealth, Senin (11/5/2015):

1. Tinggi menyusut

Saat stres, Anda kehilangan 1 persen tinggi badan. Memang aneh, tapi menurut penelitian di Swiss ini, stres menciptakan ketegangan otot di bahu dan punggung yang membuat Anda lebih pendek.

2. Gangguan telinga

Dalam sebuah studi Swedia, pria kemungkinan mengalami gangguan pendengaran saat stres di kantor mencapai 39 persen. Alasannya, hormon stres dan kecemasan menimbulkan stimulasi dalam reseptor koklea telinga Anda.

3. Kulit Gatal

Sebuah studi di Eropa menemukan, ketika atasan Anda menegur dan membuat Anda kesal, otak akan merespon sinyal ke kulit yang membuat kulit gatal-gatal, ruam, atau kondisi kulit lainnya.

4. Otak menyusut

Menurut penelitian dari Universitas Yale, stres akan membuat kemampuan otak menurun. Biasanya, stres kerja akan membuat Anda kesulitan membuat keputusan penting di kantor. Waspadai stres berkepanjangan yang dapat memicu demensia atau penyakit Alzheimer, kata peneliti.

5. Sakit perut

Hubungan otak dan usus memang sulit dipahami dengan baik. Tapi nyatanya, hormon stres dapat merangsang area otak menuju usus, yang dapat menyebabkan mual dan iritasi lambung, menunjukkan penelitian dari UCLA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.