Sukses

BE HEALTHY: Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Gigi Berlubang

Gigi berlubang bisa menurunkan rasa percaya diri sekaligus merusak kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Gigi berlubang bisa menurunkan rasa percaya diri sekaligus merusak kesehatan tubuh.

Bau mulut yang timbul akibat gigi berlubang jelas akan membuat kepercayaan diri drop. Selain itu bakteri yang menyelinap ke dalam saraf lewat gigi berlubang juga menyebabkan masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, diabetes, hingga stroke. 

Lubang gigi terbentuk saat sukrosa (karbohidrat) difermentasi menjadi asam oleh bakteri Streptococcus mutans. Menurut National Institute of Child Health and Human Development, Amerika Serikat, sukrosa sering membuat kondisi mulut jadi asam. 

Semua karbohidrat yang mampir di mulut lama kelamaan bisa difermentasi menjadi asam oleh bakteri. Proses asam tersebut membuat mineral gigi hilang dan akhirnya gigi jadi mudah berlubang.

Lubang gigi diawali dengan ukuran yang sangat kecil pada email gigi. Jika dibiarkan, lubang tersebut akan semakin membesar dan merusak struktur gigi lebih dalam. Lubang gigi bahkan bisa mencapai saraf gigi yang kemudian menyebabkan nyeri berdenyut parah.

Apa saja jenis makanan yang bisa menyebabkan gigi berlubang? Simak penjelasan singkat drg. Miranda Adriani di program Be Healthy berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.