Sukses

Tak Ingin Gigi Berlubang, Jadikan Makanan Manis Sebagai Dessert

Bagi penyuka makanan manis yang tak ingin giginya berlubang, jadikanlah makanan itu sebagai dessert

Liputan6.com, Jakarta - Sajian bercita rasa manis seperti kue dan es krim memang cocok dijadikan dessert atau makanan penutup. Dessert tidak hanya berguna sebagai `pencuci mulut` saja, tapi lebih dari itu dessert dapat mencegah terjadinya penyakit rongga mulut.

Penyakit rongga mulut seperti gigi berlubang dapat terjadi bila kita berlebihan dalam mengonsumsi gula. Bagi siapa saja yang sudah terlanjur menyukai makanan manis namun enggan terkena penyakit rongga mulut, salah satu jalan cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjadikan makanan manis itu sebagai dessert.

Untuk itu, Head of Professional Relationship Oral Care PT. Unilever Indonesia Tbk, drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSC, menyarankan agar kita menjadikan manis sebagai dessert supaya terhindar dari gigi berlubang dan penyakit rongga mulut lainnya.

"Cara ini dilakukan agar produksi asamnya tidak terlalu banyak, bila dibandingkan ketika mengonsumsi makanan manis di antara waktu makan," kata Mirah dalam diskusi menyambut Hari Kesehatan Gigi Sedunia di Sentul City, Bogor, Jawa Barat ditulis Sabtu (21/3/2015)

Dalam satu kesempatan yang berbeda, drg. Ratu Mirah pernah mengatakan bahwa kemungkinan gigi seorang anak masih berlubang padahal dia sudah menyikat gigi dengan benar dan dilakukan secara rutin, kemungkinan besar karena anak tersebut kerap menyantap makanan manis sebelum makan siang di sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini