Sukses

Punya Kulit Sensitif? Hindari 5 Hal Ini

Mulai dari menggukan produk kecantikan yang diragukan tanggal kadaluarsa hingga sabun dengan parfum.

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan orang berkulit normal, orang yang memiliki kulit sensitif tak bisa sembarangan ketika terpapar sesuatu. Jika tidak cocok, hal tersebut bisa membuat kulit kemerahan, berjerawat, dan iritasi.

Guna terhindar dari iritasi, ada baiknya orang dengan kulit sensitif menghindari lima hal berikut seperti dikutip laman Health, Sabtu (12/3/2016).

1. Produk yang diragukan sudah kadaluarsa atau belum
Banyak produk kecantikan kulit seperti tabir surya mengandung senyawa aktif yang pecah ketika terpapar sinar matahari. Hal ini bisa menyebabkan reaksi alergi. Oleh karena itu jika Anda ragu terhadap suatu produk sudah kedaluwarsa atau belum lebih baik tidak menggunakannya daripada kulit jadi merah-merah.

2. Menggunakan air terlalu panas
Ketika mandi atau mencuci wajah, gunakan air hangat suam kuku atau air dingin. Air yang terlalu panas membuat kulit lebih mudah teriritasi.

3. Terpapar sinar matahari berlebih
Anda tetap bisa terpapar sinar UV saat di dalam kantor maupun mobil karena sinarnya tetap masuk lewat kaca. Kondisi seperti ini bagi orang kulit sensitif pun bisa menimbulkan iritasi. Oleh karena itu gunakan tabir surya untuk menangkal paparan sinar matahari masuk ke kulit.

4. Menggunakan produk make-up berlebihan
Bagi orang dengan kulit sensitif, cerdas dalam memilih produk kecantikan. Pensil eyeliner, maskarara, bedak karena berpotensi menimbulkan alergi pada orang kulit sensitif.

5. Sabun dengan parfum
Saat memilih sabun mandi, gunakan yang bebas parfum. Biasanya tertulis 'fragrance-free'. Ketika terkena sabun seperti ini bisa menyebabkan kulit sensitif jadi muncul ruam-ruam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini