Sukses

Usir Stres dengan Jenis Makanan dan Minuman Ini

Stres bisa diatasi dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Stres bisa diatasi dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Berikut daftar makanan yang bisa Anda masukkan dalam diet harian untuk mengusir stres, dilansir dari laman Today, Kamis (10/3/2016):

1. Makanan kaya magnesium

Magnesium adalah mineral penting yang membantu mengatasi kelelahan, sakit kepala, dan inflamasi yang biasanya muncul ketika stres menghadang.

Sumber terbaik magnesium di antaranya sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan bji-bijian. Biji labu, bunga matahari, dan flaxseed juga bisa dijadikan pilihan. Ambil segenggam biji bunga matahari sebagai cemilan atau taburkan dalam salad serta yoghurt Anda.

2. Pati hangat

Semua jenis karbohidrat berfungsi meningkatkan serotonin, neurotransmitter rasa senang yang membantu meningkatkan mood dan mengatasi stres.

Pilihan terbaik pati hangat berupa oatmeal, quinoa, serta ubi manis.

3. Citrus

Vitamin C yang secara alami terkandung dalam lemon, grapefruit, jeruk, dan limau tak hanya bermanfaat bagi sistem daya tahan tubuh melainkan juga bisa menurunkan kortisol atau hormon stres.

4. Minuman hangat

Meski tak diminum saat makan, minuman hangat ampuh menenangkan dan meningkatkan perasaan nyaman.

Luangkan beberapa menit untuk menikmati teh herbal seperti teh chamomile kapan pun Anda merasa perlu mengistirahatkan mental dan melepas stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini