Sukses

Menstruasi Berlebihan Disertai Demam, Waspadai DBD

Menstruasi berlebihan disertai dengan munculnya demam dapat dijadikan tanda demam berdarah dengue (DBD)

Liputan6.com, Jakarta Orangtua patut waspada jika anak perempuan yang sudah menstruasi mengalami demam tinggi disertai pendarahan di luar kebiasaan. Prof DR dr Sri Rezeki Hadinegoro, SpA(K) menjelaskan, kondisi itu bisa dicurigai sebagai demam berdarah (DBD).

"Jika hari ketiga yang biasanya darah menstruasi tidak terlalu banyak keluar, tapi saat demam justru berlebihan, waspadai sebagai tanda bahaya DBD (demam berdarah dengue)," kata Sri, Guru Besar Divisi Infeksi dan Penyakit Tropis Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, ditulis Senin (7/3/2016)

Ia kemudian menjelaskan bahwa virus dengue yang dibawa nyamuk Aedes aegypti bisa merusak dinding sel yang melapisi pembuluh darah. Akibatnya dinding sel meregang. Terjadilah kebocoran plasma darah (cairan dalam darah).

"Makanya, untuk menggantikan banyak cairan yang keluar, minumlah air putih, air eletrolit, dan makanan bergizi," kata Sri menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini