Sukses

Sudah 3 Bulan, Waktunya Ganti Sikat Gigi

Untuk urusan sikat gigi, banyak orang yang lupa dan bablas tidak menggantinya sampai berbulan-bulan.

Liputan6.com, Jakarta Entah kenapa untuk urusan sikat gigi, banyak orang yang sering lupa menggantinya. Dan ketika Anda mencoba mengingat sudah sejak kapan Anda menggunakan sikat gigi Anda, ternyata sudah 5 atau 6 bulan usia sikat gigi Anda.

Hal terburuk yang bisa terjadi jika tidak mengganti sikat gigi Anda adalah mengalami penyakit periodontal dan kehilangan gigi. Akibat dari pembentukan plak yang cukup banyak, ujar Melissa Thompson,DMD, pemilik tiga klinik Aspen Dental di Massachusetts. Dia menjelaskan, seiring waktu bulu sikat yang kuat menjadi berjumbai dan kehilangan kemampuan untuk membersihkan area di antara gigi dan plak yang berada pada setiap permukaan gigi. 

“Plak bukan hanya akan membuat gigi berlubang, namun ketika dibiarkan pada garis gusi, hal tersebut bisa menyebabkan peradangan dan iritasi yang mengarah kepada gingivitis atau penyakit gusi. Jika gingivitis tersebut tidak dirawat, akan menimbulkan penyakit periodontal dan, kemungkinan terburuk, kehilangan gigi,” jelas Thompson.

Setiap gigi, jika dibiarkan, pasti akan mengalami pembentukan plak. Dan disitulah sikat gigi berperan, untuk mencegah hal itu terjadi. Namun, bukannya membersihkan dan menyehatkan gigi, sikat yang sudah terlalu lama tak diganti malah mendatangkan lebih banyak kerugian dibanding keuntungan bagi gigi.

“Sikat gigi yang berfungsi dengan baik memilki bulu sikat yang dapat melengkung,” ujar John Grbi, DMD, seorang profesor dan direktur divisi biologi mulut pada Columbia University College of Dental Medicine. “Dan ketika sikat gigi Anda sudah usang, sangat sulit untuk tidak menyadarinya."

Masalah umum yang terjadi, menurut penjelasan Thompson, bahwa orang-orang akan menggosok lebih keras ketika mereka merasa sikat gigi mereka sudah mulai sulit untuk melakukan pekerjaannya.

Namun, Anda tidak akan selalu terinfeksi ulang dari bakteri penyakit setelah sembuh dari sakit Anda jika Anda tetap menggunakan sikat gigi yang sama. “Walaupun bakteri dan virus mampu hidup hingga 3 hari pada sikat gigi, namun tubuh Anda seharusnya sudah membuat antibody untuk menyingkirkan mereka dan menghindari terjangkit lagi,” ujar Edita Outericka, DMD, seorang dokter pada Dynamic Dental di Mansfield.

Namun jika Anda khawatir akan hal itu, gantilah dengan sikat baru setelah Anda sembuh dari sakit. Ingatlah selalu umur sikat gigi Anda agar selalu tepat jadwal untuk mengganti sikat gigi Anda. Tidak harus selalu menunggu 3 bulan, gantilah langsung jika kondisi sikat gigi Anda memang sudah tidak prima lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini