Sukses

Be Healthy: Makanan Apa yang Menyebabkan Gigi Berlubang?

Gigi berlubang bisa memicu berbagai penyakit. Makanan apa yang menyebabkan gigi berlubang?

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan Journal of Dental Research, sekitar 2,4 miliar penduduk dunia enggan mengobati gigi mereka yang rusak dan ada 190 juta kasus kerusakan gigi baru per tahunnya. Sementara sakit gigi menduduki urutan ke-6 kondisi yang sering dikeluhkan masyarakat Indonesia. Masalah yang paling sering ditemui adalah gigi berlubang.

Sayangnya gigi berlubang sering dianggap remeh. Padahal kondisi ini bisa memicu berbagai penyakit. 

Ketika seseorang dengan gigi berlubang punya riwayat penyakit jantung, ginjal, atau sistem pernapasan maka bakteri gigi bisa berhenti di lokasi tersebut dan menimbulkan peradangan yang menyebabkan penyakit kronis.

Lubang gigi terjadi ketika sukrosa yang berasal dari makanan manis seperti permen atau minuman berkarbonasi difermentasi menjadi asam oleh bakteri Streptococcus mutans. Proses asam tersebut membuat mineral gigi hilang sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Simak penjelasan singkat dari drg. Erny Carolita mengenai makanan yang menyebabkan gigi berlubang dalam program Be Healthy berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.