Sukses

Be Healthy: Jangan Abaikan Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi

Hanya sedikit orang yang memerhatikan kesehatan gusinya. Padahal kesehatan gusi juga memengaruhi kesehatan mulut.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menganggap gigi putih dan tidak bolong berarti kesehatan mulut mereka terjaga. Hanya sedikit orang yang memerhatikan kesehatan gusinya. Padahal kesehatan gusi juga memengaruhi kesehatan mulut.

Menurut data IndonesiaDentalHealthProfile pada tahun 2000, sekitar 88,67 persen masyarakat terbukti memiliki penyakit gusi. Sedangkan berdasarkan Survei Kesehatan Rumah Tangga di tahun 2011, tercatat enam dari sepuluh orang Indonesia mempunyai masalah gusi. 

Bila gusi Anda berdarah saat menggosok gigi, hal itu bisa jadi pertanda ada masalah pada gusi. Penyebabnya bisa jadi ginggivitis, awal dari munculnya plak kronis akibat bakteri dan karang gigi.

Masalah gusi kerap dianggap sepele. Padahal sesungguhnya hal ini tidak boleh diabaikan. Jika diabaikan, penyakit gusi tak hanya mempengaruhi kesehatan mulut melainkan juga berdampak pada meningkatnya risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Jadi, bila Anda sering mendapati gusi berdarah saat menyikat gigi sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut, seperti disarankan oleh drg. Erny Carolita dalam tayangan video Be Healthy berikut: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.