Sukses

Punya Asma, Wanita Berisiko Lebih Lama Miliki Momongan

Wanita yang punya asma butuh waktu lebih lama untuk hamil dibandingkan mereka yang tidak memiliki masalah paru-paru.

Liputan6.com, New York- Wanita yang memiliki asma memiliki kemungkinan butuh waktu lebih lama untuk hamil dan atau tingkat kehamilan lebih rendah dibandingkan wanita lain yang tidak memiliki masalah paru-paru.

Hal tersebut diketahui lewat studi kecil yang melibatkan 245 wanita berusia 23-45 tahun yang mengalami masalah kesuburan dan sedang menjalani fertility treatment. Sekitar 96 persen dari wanita tersebut memiliki riwayat asma.

Para wanita tersebut terus dipantau hingga masa mereka akhirnya mengandung. Pada wanita yang tidak punya asma bisa hamil rata-rata setelah menjalani fertility treatment setelah 32 bulan. Sementara wanita yang memiliki asma baru bisa hamil sekitar bulan ke-55 setelah menjalani perawatan kesuburan.

"Kami melihat asma nampaknya memberi pengaruh negatif terhadap kehamilan. Butuh waktu lebih lama untuk hamil terlebih seiring bertambahnya umur," terang Dr. Elisabeth Juul Gade dalam European Respiratory Journal.

Sayangnya peneliti belum mengetahui secara pasti apa hubungan antara asma dengan kehamilan. Diprediksi ada hubungan yang kompleks antara tipe asma, kesehatan psikologis, obat asma dan hormon seperti dikutip laman Health, Selasa (23/2/2016).

Oleh karena itu Gade menyarankan wanita yang memiliki asma untuk hamil di usia yang tidak tua serta melakukan perawatan untuk mengatasi asma sebelum hamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini