Sukses

Anak Asma? Bisa Jadi Dulu Neneknya Perokok

Bisa jadi penyebab Anda mengidap asma karena kebiasaan tak sehat nenek di masa lalu.

Liputan6.com, Jakarta Bisa jadi, penyebab Anda mengidap asma karena kebiasaan tak sehat nenek di masa lalu. Sebuah studi yang dipresentasikan European Lung Foundation menjelaskan, nenek perokok bisa meningkatkan risiko cucu terkena asma.

Nenek yang merokok saat hamil ibu sang anak yang terkena asma mampu meningkatkan risiko terkena asma meskipun ibu tersebut tak merokok saat hamil.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta bahwa tembakau dapat mempengaruhi ekspresi gen. Untuk mengetahui dampak kebiasaan merokok nenek terhadap risiko cucu terkena asma, peneliti menggunakan data obat asma dari Registry Sweden pada 44.853 wanita yang hamil pada 1982-1986.

Setelah dilakukan analisis, nenek yang merokok saat hamil, risiko cucu terkena asma meningkat dari 10 menjadi 22 persen seperti dikutip laman Time, Kamis (1/10/2015).

Lewat riset analisis ini peneliti simpulkan bahwa seseorang dapat mewarisi risiko asma dari generasi sebelumnya. Pada penelitian selanjutnya diharapkan akan melakukan riset yang patrilineal antara kakek terhadap cucunya. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.