Sukses

Tes Kanker Sudah Bisa Dilakukan di Rumah

Tes liquid biopsy memudahkan masyarakat London menjalani tes kanker di rumah

Liputan6.com, London Kini masyarakat London tidak perlu lagi repot-repot ke rumah sakit untuk menjalani tes guna mencari tahu apakah ada sel-sel kanker yang berkembang atau tidak dalam tubuh. Cukup tes air liur di rumah, pasien bisa mengetahui hasilnya tidak lebih dari 10 menit.

Tes 'liquid biopsy' seharga 15 Poundsterling (Rp 293 ribu) adalah penemuan terbaru dokter-dokter di London. Tes ini diklaim dapat mengetahui apakah ada tanda-tanda kanker atau tidak dengan waktu cepat, akurat, dan harga murah.

"Jika ada tanda dari tumor dalam darah atau liur seseorang, tes ini cepat menemukannya," kata Professor David Wong dari University of California di Los Angeles dikutip dari Daily Mail, Senin (15/2/2016)

David mengatakan, deteksi dini penting dilakukan. Ketika hasil tes menunjukkan positif mengidap kanker, akan lebih mudah untuk dilakukan tindakan penyembuhan secara dini agar tidak berkembang ke stadium yang lebih tinggi.

"Dari satu tetes air liur kita dapat mengetahuinya. Tes ini juga dapat dilakukan di kantor," kata David menambahkan.

Penemuan terbaru ini diharapkan dapat mengurangi jumlah orang yang didiagnosis kanker setiap tahunnya di Inggris. Dalam setahun, 330 ribu orang positif mengidap kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.