Sukses

Kegemukan Juga Pengaruhi Pola Pandang

Inilah dampak dari kegemukan yang jarang diketahui orang lain

Liputan6.com, Jakarta Dampak makan terlalu banyak tidak hanya melebarkan pinggang dan membuat perut maju. Ketika orang menjadi gemuk, berjalan di permukaan datar dalam jarak dekat akan terasa sesulit mendaki gunung.

Ini merupakan hasil penelitian dari Colorado State University setelah mempelajari pola 66 orang dari berbagai bentuk dan ukuran tubuh. Mereka diminta memperkirakan seberapa jauh lampu lalu lintas yang hanya berjarak 25 meter dari lokasi percobaan.

Peneliti Jessica Witt melaporkan, responden bertubuh ramping atau seberat 9 stone (57 kilogram), melihat jarak itu hanya 15 meter. Namun, pemilik bobot tubuh 23 stone (146 kilogram) memperkirakan jarak itu sejauh 30 meter.

Saat Jessica melibatkan ratusan orang dengan berat badan bervariasi berjalan di lereng, mereka bertubuh gemuk menganggap itu sebagai curam.

Supaya semua orang melihat dunia ini sama, dia menganjurkan untuk rutin melakukan aktivitas fisik. Menjadi lebih aktif, membuat seseorang lebih terbiasa mencapai sesuatu yang kerap mereka anggap sulit saat tubuh masih gemuk.

"Kami berpikir, bias persepsi ini menciptakan lingkaran setan bagi orang-orang obesitas di mana mereka melihat dunia ini sangat besar. Cobalah menjadi aktif agar selalu sehat," kata Jessica dikutip dari Daily Mail, Senin (15/2/2016).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini