Sukses

Mengapa Rasa Sakit Menstruasi pada Perempuan Berbeda-beda?

Liputan6.com, New York- Salah seorang teman saat menjalani menstruasi hari pertama sering mengeluhkan rasa nyeri teramat sangat dan lesu. Sementara itu teman yang lain baik-baik saja ketika sedang menstruasi. 

Ya, memang menstruasi yang dialami wanita berbeda-beda. Wanita yang memiliki kondisi medis endometriosis bisa merasakan amat sakit saat menstruasi. Sementara itu wanita sehat juga bisa mengalami kondisi menstruasi yang menyakitkan seperti diterangkan asisten profesor kebidanan dan kandungan dari Mount Sinai School of Medicine, Alyssa Dweck.

Berikut, empat alasan menstruasi bisa terasa menyenangkan atau menyakitkan seperti dikutip laman Women's Health, Jumat (5/2/2016).

1. Diet buruk
Cara mengurangi berat badan yang tidak sehat berdampak buruk pada kondisi menstruasi seseorang. "Jika wanita memiliki diet yang buruk, hal itu dapat memperburuk menstruasi," terang Dweck.

Sebuah studi juga mengungkapkan anak perempuan usia sekolah yang lebih banyak makan junk food cenderung menderita saat menstruasi. Sementara penelitian lain mengungkapkan konsumsi makanan bernutrisi seperti Omega-3 dan kalsium bisa mengurangi rasa sakit.

2. Usia
Pada sebagian wanita berusia 40-50-an tahun sering mengalami menstruasi yang tidak nyaman seperti diterangkan profesor kebidanan dan kandungan Icahn School of Medicine dari Mount Sinai, Mamta Mamik. Hal ini umum terjadi ketika masuki perimenopaus, sebuah tahap sebelum menopause.

3. Kurang atau berlebihan berolahraga
"Wanita yang jarang berolahraga menstruasinya biasanya tidak nyaman dibandingkan yang berolahraga," terang Dweck. Untuk mengurangi rasa sakit, dengan olahraga sederhana sudah mampu melancarkan aliran darah menstruasi.

"Namun olahraga yang berlebihan juga menyebabkan ketidakhadiran menstruasi atau mengurangi periode menstruasi," terang Mamik.

4. Hal serius terjadi
"Rasa sakit menstruasi dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor patologis di dalam rahim," terang Mamik. Bisa jadi rasa sakit disebabkan kondisi fibroid atau polip.  Segera periksakan diri ke dokter ketika alami menstruasi terasa sakit dari biasanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini