Sukses

4 Cara Alami Redakan Kram Menstruasi

Nyeri atau kram haid bisa diredakan dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Menstruasi merupakan siklus normal dalam hidup setiap wanita. Namun nyeri dan kram yang mengiringinyalah yang terkadang mengganggu. Beberapa wanita bahkan merasakan nyeri menstruasi dan kram selama lima hari atau lebih dalam sebulan.

Nyeri atau kram haid bisa diredakan dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah, seperti dikutip dari laman Inminutes, Sabtu (26/12/2015) berikut. Namun jika kram dan nyeri terasa sangat mengganggu, sebaiknya Anda segera menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

1. Kompres hangat

Mengompres perut bagian bawah adalah cara paling mudah dan efektif untuk meredakan kram menstruasi. Ini akan membantu melemaskan otot-otot di area uterus yang terus-menerus berkontraksi. Anda bisa berendam dalam air hangat selama setengah jam atau mengompres perut bagian bawah dengan kompres hangat. Itu akan membantu darah haid mengalir lebih lancar. 

2. Jahe

Jahe merupakan rempah yang efektif untuk meredakan kram haid. Anda bisa memarut sepotong kecil jahe dan mencampurnya dengan madu untuk dikonsumsi langsung atau dibuat teh jahe dan meminumnya 3 kali sehari. Bagi Anda yang mengalami masalah dengan kekentalan darah sebaiknya berhati-hati mengonsumsi jahe. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu. 

3. Basil

Daun basil bisa menghilangkan rasa sakit karena mengandung zat asam (caffeic acid) sehingga efektif mengatasi kram menstruasi. Masukkan 1 sendok daun basil kering ke dalam satu cangkir air mendidih dan tutup rapat selama 10 menit untuk kemudian diminum.

4. Teh Camomile

Teh camomile bersifat anti-inflamasi dan antispasmodic yang membantu melemaskan otot-otot kandungan. Anda bisa menyeduh satu sendok teh camomile dalam secangkir air mendidih dan menambahkannya dengan madu agar terasa manis.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.