Sukses

Apakah Bahaya Bila Perut Sering Kembung?

Rasa tidak nyaman karena perut kembung merupakan gejala yang umum bisa dirasakan setiap orang.

Liputan6.com, Jakarta Rasa tidak nyaman karena perut kembung merupakan gejala yang umum dirasakan setiap orang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari makanan hingga kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda atau alkohol.

Konsultan Gastroenterologist Dr Reshma Rakshit mengatakan, perut kembung diakibatkan oleh kelebihan gas dalam perut. Jadi kondisi ini biasanya disebabkan karena makan terlalu cepat, mengunyah permen karet, mengonsumsi makanan atau minuman mengandung pemanis buatan atau mengonsumsi banyak sayuran berdaun hijau serta kacang-kacangan. 

"Saat ini telah ada obat over the counter (dijual bebas) seperti kapsul untuk membantu mengatasi kembung. Selain itu, pepermint juga dapat membantu mengatasinya," ujarnya, seperti dilansir Mirror, Selasa (2/2/2016).

Kendati demikian, bila kembung tak kunjung siuman dalam beberapa hari, sebaiknya Anda mengonsultasikannya ke dokter. Sebab ada beberapa kasus kesehatan serius yang menyebabkan perut tidak nyaman dan kembung, seperti adanya tumor. "Perlu pemeriksaan lebih lanjut bila kembung tak kunjung sembuh," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.